Selasa, 15 Desember 2020

Tips Menulis di Blog

    

    Halo teman-teman, kira-kira masih bingung kalau mau tulis blog itu, bagaimana caranya? Sebenanrnya menulis itu tidak ada rumus yang perlu dihafalkan, yang paling penting adalah memulai dan membiasakan diri saja. Waktu akan mendewasakan. Agar tidak benar-benar kelihatan tak berumus, maka saya akan bagikan sedikit tips-tips sederhana dalam menulis (Tips ini hasil membaca juga ya… hehehehe)

Maaf foto tidak sesuai tulisan hehehehehe 


Kira-kira begini…

                Panjang kata yang ideal pada blog adalah 400-1700 kata. Hal ini dikarenakan, kemampuan rata-rata pembaca untuk membaca sebuah artikel online adalah 3-7 menit saja. Namun saat menulis jangan fokus menghitung katanya ya… kalau sudah keasikan, jumlah kata bukan lagi halangan.

                Bahasa dalam blog adalah bagian yang sangat penting. Ibarat nasi dipiring, bahasa itu nasinya..hehehe.   Bahasa yang digunakan, bisa Bahasa resmi bisa juga santai. Kalau saran saya, sangat baik jika memadukan keduanya. Perlu juga menyelipkan hal-hal yang terasa lucu dengan bukusan yang apik.

Struktur tulisan, bagian pembuka adalah bagian yang sangat penting, yang dapat menentukan apakah blog kita akan terus dibaca atau tidak, salah satu tipsnya pada kalimat pembuka adalah dengan menulis kalimat yang berisi ‘kesamaan pendapat kita dengan pembaca tentang masalah yang spesifik’ misalnya, “Ingin jalan-jalan, tetapi bingung mau kemana? Dengan budget yang pas-pasan?, sekarang itu bukan perkara sulit!” setelah basa-basi pada kalimat pembuka, kamu bisa menulis kalimat peralihan misalnya ‘Saya juga pernah mengalami hal yang sama, saya berpikir jalan-jalan ke Pulau Komodo itu perlu budget yang besar, ternyata tidak juga. Setelah saya menjalankan usaha travel agen, saya bertemu dengan banyak tamu yang budgetnya pas-pasan tetapi maunya kebanyak tempat. Pada Kalimat berikut ‘pernyataan disertai alasan’ misalnya, kamu bisa menjelaskan isi keseluruhan blogmu dan alasan mengapa pembaca perlu membacanya (ini opsional, tidak wajib) . Bagian inti, kamu tinggal menceritakan apa yang hendak kamu tulis. Pada bagian penutup ulangi bagian pembuka satu atau dua kalimat, lalu tutup dengan solusi yang kamu tawarkan, misalnya “Masih takut melakukan perjalan wisata karena budget pas-pasan? Menyerah dengan pesona komodo yang baru saja saya ceritakan, Jika cerita pada blog ini belum membuat kamu yakin, kamu bisa menghubungi travel agen kami via media sosial kami ”

                Kerapihan dalam menulis. Orang selalu suka dengan sesuatu yang rapi, umumnya sihhh.. Dengan asumsi ini, maka tulisanmu perlu menjaga kerapihan, misalnya satu paragraf hanya memuat satu pokok pikiran. Jika pokok pikirannya berbeda, maka kamu harus mulai dengan paragraf baru. Perhatikan juga kesinambungan antara paragraf, kalau sudah bicara tentang komodo..fokus saja, jangan bicara tentang ular, apalagi ikan hiu. Kurangi kalimat yang panjang ya.. Kalimat yang terlalu panjang memberi peluang ambigu dan  melelahkan untuk dicerna. Ya.. kira-kira 8-10 kata dalam satu kalimatlah.

                Gunakan pilihan kata yang sederhana saja. Jika kamu ingin agar blogmu menjangkau berbagai kalangan janganlah menulis dengan bahasa yang terlalu berat sampai-sampai orang perlu mengartikan kalimat demi kalimat saat membaca blogmu.

                Tanda baca itu hal yang penting, tanda baca itu ibarat penanda kalau orang jalan, ia harus paham kapan ia berhenti, kapan ia mempercepat langkah, kapan ia membanting kaki, dan lain-lain. Tanda baca itu, membantu orang lain membaca, jadi berilah ia rambu-rambu yang benar.

                Tips terakhir adalah membaca bersuara atau membaca dengan bergumam dalam hati. Biasa kita akan tahu, bahwa tulisan kita kurang enak temponya, terlalu rumit, atau intonsinya kurang tepat.

               

Daftar pustaka

https://www.kompasiana.com/primata

https://marketingsupercamp.com/

https://emak2blogger.com/

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menulis di Blog

          Halo teman-teman, kira-kira masih bingung kalau mau tulis blog itu, bagaimana caranya? Sebenanrnya menulis itu tidak ada rumus yan...